JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Refleksi Akhir Tahun Kegiatan Kopi Wamena


Wamena sudah kondusif. Team kopi Wamena segera bergerak untuk mengunjungi kelompok tani binaan di Kurulu. Tentu kunjungan pertama setelah peristiwa kerusuhan tempo hari, masih dilakukan dengan penuh kewaspadaan dan dilakukan secara singkat. Setelah pemantauan kondisi di lapang, Team kopi Wamena kembali lagi beberapa kali untuk memantau perkembangan tanaman, lokasi pembibitan dan perlakuan pascapanen yang dikerjakan oleh kelompok tani.


Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jayawijaya J. Hendri Tetelapta juga menyempatkan untuk memantau perkembangan kegiatan. Beliau menyampaikan beberapa saran perbaikan dan apresiasi agar kegiatan dapat makin bermanfaat untuk kesejahteraan petani. Perhatian dari Pemda setempat patut diapresiasi karena keberhasilan suatu program merupakan resultan dari kerjasama para stakeholder. Pemda melalui peran penyuluh setempatlah yang diharapkan menjalankan rekomendasi teknologi inovasi pertanian Balitbangtan BPTP Papua.
Pembibitan bibit kopi sudah mencapai kondisi 2 daun dengan tingkat tumbuh diperkirakan mencapai 90% lebih. Benih yang gagal tumbuh akan segera disulam untuk memenuhi target penyerahan bibit sebesar 5000 tanaman. Serah terima bibit diperkirakan bisa dilakukan pada awal Maret 2020, mundur dari jadwal semula karena kondisi force major.
Sebagai refleksi akhir tahun, Balitbangtan BPTP Papua mengadakan temu lapang dengan tema peningkatan kualitas biji hijau melalui perbaikan teknik budidaya dan pascapanen pada tanggal 18 Desember 2019. Anggota kelompok tani diajak untuk melihat kembali tanaman yang mendapat perlakuan pemupukan dan pengendalian hama penyakit secara organik serta pemangkasan. Anggota bisa melihat tanaman yang dirawat memberikan hasil lebih banyak dengan kualitas cery merah lebih bagus. Juga penanganan pascapanen dengan menggunakan rak jemur menghasilkan biji hijau dengan kualitas lebih baik daripada dijemur dilantai yang mudah terkontaminasi oleh kotoran.
Hasil dari temu lapang membuat beberapa anggota kelompok tani mau mencoba penerapan teknologi inovasi yang diintroduksi oleh Balitbangtan BPTP Papua pada masa mendatang. Semoga kegiatan yang dilaksanakan dapat bermanfaat untuk peningkatan kualitas kopi di Wamena, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan petani kopi kooperator. Pengalaman berinteraksi dengan para stakeholder dapat dijadikan acuan agar kegiatan serupa berikutnya dapat dilakukan dengan lebih baik lagi (Adnan).