JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Komitmen Pelayanan Publik, BPTP Menyelenggarakan Public Hearing

Sentani - Balitbangtan BPTP Papua sebagai UPT Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian termasuk dalam kelompok lembaga pemerintah terkait pelayanan jasa informasi teknologi inovatif Badan Litbang Pertanian. Upaya peningkatan pelayanan publik ini dilakukan BPTP Papua dengan mengadakan “Public Hearing Standar Pelayanan Publik (SPP) Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Papua” pada Senin (16/12) di Aula BPTP Papua. Pada kesempatan ini, hadir pula Kepala Ombudsman RI Perwakilan Papua, Sabar O. Iwanggin yang didampingi oleh asisten, Ismail Marzuki.

Kepala Ombudsman mengapresiasi upaya luar biasa BPTP Papua untuk melakukan public hearing. Menurutnya, pelayanan publik adalah esensi hadirnya negara di tengah masyarakat.

“Layanan yang baik itu harus sesuai SOP. Masyarakat jangan sampai dirugikan dari pelayanan yang kurang professional dari lembaga-lembaga yang dibiayai oleh APBN” ungkapnya.

Sabar selanjutnya memberikan informasi terkait lembaga Ombudsman. Ombudsman dibentuk oleh Presiden RI ke-4, Abdurahman Wahid di awal era reformasi. Ombudsman adalah lembaga Negara yang mempunyai kewenangan untuk mengawasi penyelenggaraan pelayanan public yang diselenggarakan oleh lembaga Negara atau badan publik yang memberikan pelayanan publik.

Guna penyebarluasan informasi dan komitmen pelayanan publik BPTP, public hearing ini dilakukan sebagai salah satu wujud sosialisasi pelayanan umum BPTP Papua terhadap stake holder. Pelaku agribisnis, Gapoktan, Kelompok Wanita Tani (KWT) serta perwakilan perguruan tinggi dan sekolah, instansi pertanian lingkup provinsi Papua, Kab/Kota Jayapura dan Keerom, TNI turut diundang dalam acara ini

Kepala BPTP Papua, Dr. Muhammad Thamrin dalam dalam sambutannya menuturkan BPTP Papua memandang penting peningkatan layanan bagi publik, “BPTP Papua baru pertama kali menyelenggarakan public hearing, ini adalah sebuah momen yang strategis,” jelas Thamrin.

"Penciri negara demokratis adalah komitmen terhadap keterbukaan informasi publik, terhadap layanan publik" lanjut beliau.

Karena itu Thamrin menghimbau sebagai lembaga pemerintahan yang dibiayai oleh APBN, kunci pelayanan didasarkan pada pelayanan masyarakat dan sejauh apa dampak yang diberikan. Dibutuhkan komitmen bersama sebagai aparatur sipil negara Kementerian Pertanian (Kementan) untuk menyelenggarakan fungsi pelayanan publik dengan baik.

Dalam rangka reformasi birokrasi, Kementerian Pertanian mempunyai komitmen yang kuat untuk pelayanan publik. Sebagai informasi tambahan, Thamrin menyampaikan bahwa Kementan meraih penghargaan sebagai juara I Badan Publik Informatif tingkat K/L dari Komite Informasi Publik dimana Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mendapatkannya langsung dari Wakil Presiden RI.

 

Dalam acara ini, peserta diberikan pemahaman tentang standar pelayanan publik. Narasumber dari Ombudsman, Ismail Marzuki dan dari BPTP Papua, Niki Lewaherilla masing –masing menyampaikan materi Diseminasi UU No. 25 Th 2009 Tentang Pelayanan Publik dan Standar Pelayanan Publik BPTP Papua. Dr. Siska Tirajoh, sebagai moderator memandu jalannya presentasi materi sampai dengan diskusi.

Poin penting yang disampaikan oleh narasumber diantaranya pendalaman terkait UU No. 25 Tahun 2009 dimana unsur-unsur pelayanan publik diantara terkait Standar pelayanan, Maklumat pelayanan, Sistem informasi pelayanan publik, Pengelolaan sarana, prasarana, dan/atau fasilitas pelayanan publik, Pelayanan khusus, Biaya/tarif pelayanan publik, Perilaku pelaksana dalam pelayanan, pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik, Pengelolaan pengaduan, dan Penilaian kinerja.

BPTP Papua menerapkan standar pelayanan publik pada layanan informasi konsultasi  dan rekomendasi  inovasi teknologi pertanian,  layanan penyaluran benih UBPS, layanan Perpustakaan serta Layanan Magang/PKL/kunjungan bagi  siswa/siswi maupun mahasiswa. Setelah sesi diskusi, sebelum kunjungan lapang diadakan penandatanganan komitmen pelayanan dengan melibatkan stake holder pengguna teknologi.

Kepala Ombudsman, didampingi Kepala BPTP Papua selanjutnya berkeliling kantor, melihat pelayanan publik yang diberikan BPTP. Kunjungan dilakukan di Taman Agroinovasi, kandang Ayam KUB program BEKERJA Kementan, gudang UPBS dan area perkantoran.

 

GALERI FOTO: