JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Keerom Sebagai Penyangga Pangan Ke-4 PON XX 2020

Tanam Bersama yang ke-4 kalinya mendukung PON XX Tahun 2020 dilaksanakan di Keerom, tepatnya di dusun Bate Kampung Byobyosi Distrik Arso. Sebelumnya, telah dilaksanakan tanam bersama di Kab. Jayapura, Timika dan Kota Jayapura.

Tanam bersama ini dihadiri oleh Bupati Keerom, Kepala Dinas TPH Prov. Papua (Dinas Pertanian dan Pangan), Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Keerom, Kepala BPTP Balitbangtan Papua diwakili Dr. Batseba M. W. Tiro, Para kepala Dusun, Tokoh adat serta penyuluh dan para petani kelompok tani se-Kabupaten Keerom.

Pencanangan ini menurut Kadis TPH Prov. Papua, Semuel Siriwa untuk mendukung PON 2020 serta memberi semangat petani untuk menyiapkan pangan dimana peserta PON diperkirakan sejumlah 18.000 atlet atau sekitar 30.000 bersama pendamping, keluarganya dan wisatawan.

Berdasarkan analisis Panitia PON, dibutuhkan sekitar 1.100 ton Beras, 410 ton Jagung, 1200 ton sayuran dan 2.100 ton buah-buahan. Guna mencukupi kebutuhan ini, maka dukungan pengembangan padi setidaknya 300 Ha, sayuran 200 Ha khusus untuk Keerom.

Bupati Keerom menekankan beberapa hal terkait hal ini yakni dukungan fasilitas dari pemerintah propinsi bekerja sama dengan kabupaten, membangun Agriculture War Room seperti yang dicanangkan Mentan, menjamin ketersediaan komoditas strategis, pembiayaan untuk petani, penguatan manajemen dan hubungan antar lembaga yang perlu diperkuat guna mensukseskan PON 2020.

Di akhir kegiatan Bupati Keerom bersama para undangan melakukan tanam bersama pepaya dan memberikan bantuan kepada beberapa petani dan kelompok tani berprestasi berupa Power Threser serba guna, Sealer jagung, Cultivator dan benih sayur-sayuran. (Muhammad Nur)