JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Peran BPTP Tingkatkan Kualitas SDM Penyuluh Keerom Melalui Inotek Balitbangtan

Sentani - Kamis siang (03/10), setelah Kunjungan TK Kristen Permata, BPTP Balitbangtan Papua kembali kedatangan tamu para penyuluh pertanian terampil Kabupaten Keerom. Penyuluh yang sedang melaksanakan Diklat di Balai Latihan Pertanian (BLP) Sentani samping kantor BPTP ini sengaja mengagendakan kunjungan ke BPTP Papua untuk memperoleh informasi terkait teknologi pertanian terkini bersama dengan widyaiswara dan pendamping.

 

Kunjungan para penyuluh disambut langsung oleh koordinator penyuluh, Ir. Sri Rahayu Sihombing serta para penyuluh dan peneliti BPTP Papua. Sri menuturkan bahwa penyuluh harus dapat menguasai inovasi teknologi pertanian terkini. Hal tersebut merupakan tantangan di era sekarang sehingga pengetahuan yang didapatkan selama diklatsar dan kunjungan di BPTP Papua ini diharapkan menjadi modal saat kembali bertugas di wilayah kerja masing-masing. Selain itu sebagaimana tugas dan fungsi penyuluh yakni sebagai ujung tombak dalam memberikan informasi teknologi di lapangan kepada petani yang harus senantiasa siap sedia dalam mengawal dan menjadi mitra petani di lapangan. Pada kesempatan ini pula, peneliti BPTP Adnan, M.Si., Ph.D memperkenalkan tentang tugas pokok dan fungsi BPTP.

Kunjungan ini tak hanya berupa pertemuan di Aula Kantor, peserta diberikan kesempatan untuk dapat mengenal seluruh areal kantor BPTP Papua. Dalam kunjungan ke Tagrinov OPAL BPTP Papua, peserta diajak untuk melihat pertanaman di lahan, tanaman vertikultur dan budidaya sistem hidroponik. Selanjutnya para penyuluh melakukan kunjungan ke Laboratorium Diseminasi dan Perpustakaan serta Lab. BPTP Papua. Di perpustakaan, peserta dapat melihat koleksi buku-buku yang memuat berbagai tulisan dalam bentuk buku serta jurnal Balitbangtan termasuk KTI dari peneliti BPTP Papua. Sementara di Lab, peserta memperoleh informasi dan pengetahuan terkait kegiatan pengkajian yang dilakukan menggunakan fasilitas lab.

Diantara beberapa kegiatan pengkajian, salah satunya peserta memperoleh informasi dan pengetahuan dari Tim Peneliti Peternakan tentang pemanfaatan penggunaan legum indigofera sebagai pakan ternak. Ka. Kelji Budidaya, Dr. Siska Tirajoh bersama Dr. Batseba Tiro dan Usman, S.Pt memberikan informasi terkait teknik budidaya dalam pengembangan tanaman indigofera maupun penyediaannya sebagai suplemen pakan ayam KUB. Antusiasme peserta dalam menyimak dan melihat sendiri pertanaman indigofera di sekitar area lab dan gudang, membuat peneliti BPTP memberikan benih/biji indigofera tersebut untuk di tanam di wilayahnya.

Laboratorium diseminasi menampilkan videotron  BPTP Papua secara eksklusif menayangkan berbagai kegiatan lapangan internal BPTP dan juga teknologi Balitbangtan terbarukan seperti Biodiesel B-100 dari Puslitbangbun. Selain itu, Labdis juga menyediakan berbagai contoh sampel benih antara lain benih padi, jagung, kedelai, kacang tanah, bayam, kangkung, dan masih banyak lagi. Buku, leaflet, booklet dan majalah inovasi pertanian menjadi oleh-oleh peserta Diklatsar Penyuluh Pertanian terampil Kab. Keerom dari BPTP Papua. (M.Nur)