JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

OPAL BPTP Papua Panen Lagi

Sentani - Obor Pangan Lestari (OPAL) BPTP Balitbangtan Papua, kembali melakukan panen bersama di lahan OPAL (area perkantoran) BPTP.  Walau cuaca panas pica (sangat panas sekitar 330C) namun tidak menyurutkan kehadiran para ASN BPTP Papua untuk bersama-sama datang melakukan panen bersama bayam merah dengan Ka. Balai Dr. Ir. M. Thamrin. Ini terlihat dari raut-raut wajah, dimana terlukis perasaan gembira karena ini merupakan hasil kerja keras bersama teman-teman BPTP Papua. Panen Bayam merah ini merupakan panen yang ke tujuh kalinya dari OPAL BPTP Papua, dan panen ke dua komoditas bayam yang di tanam di halaman kantor BPTP Papua.

Hasil bayam merah yang di panen kali ini sebanyak 4,9 kg alias hanya 20 ikat di lahan seluas 18 m2, namun cukup untuk memenuhi pesanan ASN BPTP Papua. Sebagai informasi, sebelum panen bayam merah, OPAL telah panen beberapa komoditas di halaman kantor BPTP Papua, seperti Lobak (100 kg di lahan seluas 30 m2), bayam 3 jenis (5,1 kg di lahan seluas 18 m2), sawi hijau (3,9 kg di lahan 10 m2) dan pakcoy (2,3 kg di lahan 4 m2) yang dipasarkan di sekitar Sentani sampai di toko swalayan wilayah Jayapura sedangkan hasil panen kacang panjang dan tomat digunakan sebagai benih.

Saat ini OPAL BPTP Papua sedang menantikan datangnya panen berikut, yakni panen komoditas tanaman sawi, kol dan tomat. Dari penampakannya, tanaman-tanaman tersebut tampak sehat, walaupun tanpa pestisida alias full organic. Diharapkan dapat dipanen sesuai harapan. Semoga. (Ghalih PD)