JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Semangat Petani Milenial Mendukung UPSUS Pajale Kota Jayapura

Kota Jayapura - Penanggungjawab UPSUS Papua, Dr. Muhammad Thamrin melakukan penanaman padi lahan kering di Koya Barat hari ini (13/09) menandai dimulainya musim tanam ke-3 di Kota Jayapura mendukung indeks pertanaman IP 300 Kota Jayapura. Penanaman kali ini dilakukan di lahan milik petani milenial Kota Jayapura.


Adalah Freddy Tanga Toding, ketua kelompok tani Sejahtera di Koya bersama Ka. BPTP, Babinsa dan penyuluh menanam inpago 8, 9, 11 dan towuti dan dipadu-padankan dengan jagung Var. Lamuru, Provit A2 dan jagung Hibrida Var HJ 28 dan Var Nasa 29 dalam Turiman Jago.

Penanaman di areal lahan kering +/- 3,5 hektar ini tidak memakan waktu yang lama karena menggunakan alat semi mekanik bernama drumseeder.


Freddy begitu antusias saat tim BPTP Papua, Dr. Martina Sri Lestari dan Arifuddin Kasim, SP menyampaikan kegiatan peningkatan indeks pertanaman melalui pola tanam turiman jagole (tumpang sari tanaman jagung-padi gogo-kedelai) Kementan.


Penanaman ini sekaligus mempertegas komitmen Kota Jayapura sebagai salahsatu wilayah UPSUS untuk terus dapat mengoptimalkan penggunaan lahan di tengah kondisi kekeringan yang dialami hampir di seluruh penjuru tanah air akibat El Nino. Namun demikian, penanaman ini masih bisa dilakukan di Kota Jayapura karena sumber air yang ada di Koya selalu tersedia sepanjang tahun. Untuk mengantisipasi tanaman agar tidak mengalami kekeringan, Freddy akan membuatkan sprinkler dengan memanfaatkan sumber air yang dekat dengan lahan.

Semangat milenial yang mau terjun sebagai petani patut diacungi jempol. Dukungan berbagai pihak perlu lebih difokuskan agar muncul milenial-milenial baru di bidang pertanian.