JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Temu Lapang Diseminasi Inotek VUB Kacang Hijau di IP2TP Merauke

Merauke - Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) menggelar panen bersama kacang hijau Vima pada hari Sabtu (08/09). Kepala BPTP Balitbangtan Papua, Dr. Ir. Muhammad Thamrin secara langsung memanen kacang hijau ini bersama Sekdis TPHP Merauke, LO UPSUS Papua dari Ditjen TP Kementan, penyuluh Distrik Merauke, petani Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati Kelurahan Rimba Jaya dan KWT Lestari Kampung Bokem serta peneliti/penyuluh/litkayasa dan staf IP2TP - BPTP Papua.

Vima (Vigna Malang), VUB Balitbangtan hasil peneliti Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) Malang ini hadir di ujung timur Indonesia mendukung kecukupan pangan fungsional dan pengentasan stunting.

Diseminasi VUB Balitbangtan ini dibuat dalam bentuk on-farm pada lahan IP2TP Merauke. Pemeriksaan yang dilakukan oleh BPSB Dinas TPH memperlihatkan hasil yang bagus. Secara morfologis, tanaman tumbuh seragam, vigor tanaman juga bagus hasil pemeliharaan yang intensif dari seluruh peneliti/penyuluh/litkayasa dan staf IP2TP Merauke. Hasil ubinan yang didapatkan saat panen yakni Vima 1 sebesar 1,9 t/ha, Vima 3  1, 5 t/ha dan vima 4 = 1,8 t/ha dari potensi hasil 2 t/ha.

Vima 1, Vima 3 dan Vima 4 kelas BS (Breeder Seed) yang diintroduksi BPTP Papua ini bertujuan untuk dikembangkan di Bumi Animha. Ketiga varietas baru tersebut memiliki beberapa keunggulan umur genjah (56 hari), masak serempak (85%) polong tidak mudah pecah, warna polong mengkilap, kandungan protein tinggi, ukuran biji besar, baik dikembangkan di lahan sawah maupun lahan kering, cocok ditanam sesudah padi. Selain itu varietas tersebut agak tahan terhadap hama Thrips dan penyakit embun tepung.

Sekretaris Dinas TPHP Merauke, Ir. Paulina Paay dalam kunjungan kedua kalinya, kembali menegaskan komitmen Dinas TPHP untuk memanfaatkan benih kacang hijau yang diproduksi di lahan IP2TP Merauke ini untuk dikembangkan menjadi benih kelas FS dan SS di Balai Benih Utama (BBU) Palawija Jagebob. Benih tersebut diharapkan selanjutnya dapat berkembang di tingkat petani.

Sekali lagi, IP2TP Merauke membuktikan eksistensi dan komitmennya sebagai show window instalasi penelitian dan pengkajian sebagaimana fungsi IP2TP yakni sebagai diseminator teknologi, kebun koleksi sumber daya genetik (SDG) pertanian, penghasil sumber benih, kebun produksi, agrowisata dan uji multi lokasi galur harapan serta pelaksana kegiatan bimbingan teknis inovasi pertanian. (Ressa RnD)