JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Bimtek Ayam KUB di IP2TP Merauke


Merauke - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Papua melakukan bimbingan teknis tentang ternak Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (Ayam KUB) di kantor IP2TP, Merauke, Papua.
Kegiatan dihadiri ketua gapoktan Bokem jaya, Kelompok wanita Tani (KWT) Melati dari kelurahan Rimba jaya dan Kelompok Wanita Tani (KWT) Kompok wanita tani (KWT) Lestari dari Kampung bokem. Acara juga dihadiri oleh LO UPSUS Papua dari Ditjen TP Kementan, Memed Jamhari, S.ST., Sekdis Dinas TPH dan perkebunan Ir. Paulina Pay, dan peneliti penyuluh dan litkayasa serta Staf IP2TP Merauke.


Acara bimbingan teknis dibuka oleh Kepala BPTP Papua, Dr. Ir. Muhammad Thamrin, M.Si, dalam sambutannya pada pembukaan bimbingan teknis menyampaikan, kegiatan ini bertujuan sebagai wadah diseminasi inovasi teknologi Balitbangtan tentang pengembangan Ayam KUB agar diketahui petani-peternak di wilayah Marind- Animha Merauke.


Selanjutnya Thamrin mengatakan bahwa hadirnya pace-mace sangat relevan untuk kegiatan diseminasi Ayam KUB. Terkait dengan peningkatan ketahanan pangan keluarga untuk kesejahteraan masyarakat peran pace-mace sangat diandalkan pada diseminasi ayam KUB ini.
Diakhir sambutan, Thamrin menyampaikan terima kasih kepada KWT dengan antusias datang di kantor IP2TP untuk menerima bimbingan teknis yang di perkirankan hanya dihadiri 60 orang namun diluar dugaan yang datang 90 orang.


Materi bimbingan teknis yang disampaikan oleh Dr. Ir Siska Tirajoh, M.Si mengenai teknologi budidaya ternak, panen dan pascapanen meliputi introduksi model perkandangan, kandang Brooding (kd. pemanas), kandang KUB Pedaging (kandang koloni postal dan panggung), kandang KUB Petelur (Kandang Starter, Grower, Finisher), pemanfaatan limbah pertanian sebagai pakan ayam. Selain itu diberikan pula teknologi pakan, vaksinasi, dan vitamin sesuai kebutuhan ayam, pengendalian penyakit dan analisa usahatani.
Setelah selesai melakukan bimbingan teknis kemudian dilanjutkan kunjungan lapangan melihat model kandang yang dimiliki IP2TP dan Ayam KUB. (Frans Palobo)