JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Kunjungan Siswa - Siswi SMA Negeri 1 Jayapura

 

(Sentani, 05 Nov 2018) BPTP Balitbangtan Papua dengan tangan terbuka selalu menerima kunjungan yang berdatangan dari instansi dan sekolah atau lembaga lain yang datang untuk berkunjung. Dinas Ketahanan Pangan bersama Balitbangda Provinsi Papua, LSM Ekonomi Hijau dan Bank Papua beberapa bulan lalu datang berkunjung. Di awal bulan Nopember ini saja, setelah menerima kunjungan SD KKK Sentani jumat lalu, kali ini giliran SMA Negeri 1 Jayapura yang datang berkunjung.
Menempuh jarak 1 jam perjalanan dari Abepura Kota Jayapura menuju Sentani, siswa-siswi tampak begitu antusias mengikuti pemaparan pembelajaran yang diberikan langsung di lapangan. Field trip seperti ini memang terbukti mampu menambah wawasan siswa-siswi karena ilmu yang dipelajari didapatkan tidak hanya melalui indra pendengaran, namun melalui indra penglihatan bahkan langsung praktik lapangan. Dr. Adnan, Mariana Ondikeleuw, M.Si, Yunita, MP bersama Septi, Yuliana, Yohannis, Fadjriyatus, dan Eko Binti mendampingi siswa-siswi jurusan IPA SMA Negeri 1 Jayapura.


Kasie. KSPP, Dr. Ir. Niki Lewaherilla, M.Si didampingi penyuluh senior BPTP Papua, Ir. Sri Sihombing memberikan sambutannya dihadapan kurang lebih 35 siswa-siswi SMAN 1 Jayapura. Dr. Niki menyampaikan selayang pandang BPTP Papua untuk memperkenalkan tentang tugas dan fungsi BPTP Papua dan kegiatan-kegiatan pengkajian yang telah dilakukan di lapangan.

Sementara di Taman Agro, selain bisa melihat langsung berbagai macam tanaman sayuran, beberapa aksesi SDG, siswa siswi juga mendapatkan pengetahuan tentang budidaya sistem hidroponik. Di Lab. Diseminasi, Dr. Adnan memberikan jamuan kopi arabika wamena sembari berbagi pengetahuan tentang kopi. Siswa siswi juga bisa melihat display berbagai komoditas diantaranya benih padi, kacang, bayam, kangkung, kacang tanah, kedelai, jagung dan lain-lain serta olahan produk dengan bahan dasar sagu yaitu gula cair dan selai sagu. Siswa pun dibekali ilmu untuk mengukur kadar gula menggunakan refraktometer dan kadar asam menggunakan pH meter. Satu lagi tempat yang menjadi objek kunjungan yakni perpustakaan. Perpustakaan BPTP Papua yang dikomandoi Robert Seng May, A.Md memang memberikan pelayanan bagi instansi ataupun sekolah untuk berkunjung. Kali ini rombongan SMAN 1 Jayapura mendapatkan oleh-oleh dari perpustakaan berupa majalah Sains Indonesia yang diserahkan secara simbolis oleh Kasie KSPP kepada guru pendamping.

Setelah berfoto bersama di depan halaman gedung kantor BPTP Balitbangtan Papua, di akhir kunjungan, sebagai evaluasi atas kunjungan siswa siswi di tiga tempat yang ditentukan yakni Taman Agro Inovasi, Laboratorium Diseminasi dan Perpustakaan, tim pendamping memberikan kuis. Siswa-siswi yang mampu menjawab pertanyaan yang diajukan memperoleh hadiah berupa bingkisan cinderamata yang berisi buku-buku dan hasil panen kangkung hidroponik dan berbagai sayuran dari Tagrinov.

Sebagai informasi tambahan, 3 orang pegawai BPTP Papua adalah alumni dari SMAN 1 Jayapura yakni Dr. Martina Sri Lestari, Mariana Ondikeleuw, M.Si dan Asriyani, S.Si. Melihat antusiasme siswa siswi selama kunjungan, semoga mendorong motivasi siswa siswi menjadi pejuang pertanian berikutnya. (Ressa)