JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Papua Mengikuti Rapat Sosialisasi dan Koordinasi OKKPD

(Jayapura, 05 Nopember 2018) BPTP Papua bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Prov. Papua turut serta dalam upaya menjaga keamanan pangan di Provinsi Papua. Bertempat di Aula DKP di Skyland Jayapura, DKP mengadakan rapat sosialisasi dan koordinasi otoritas kompeten keamanan pangan daerah (OKKPD). Acara ini dibuka oleh Kepala DKP, Ir. Roberth Edi Purwoko, M.Si mewakili Gubernur Papua dan dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkup Pemprov Papua dan Pemda Jayapura dan Keerom serta UPT vertikal Kementan, BPTP Papua dan Balai Karantina Pertanian Jayapura. Selain itu turut hadir di acara sosialisasi perwakilan pelaku usaha PSAT sebanyak 6 orang dari Keerom dan Jayapura.

Narasumber pada acara ini adalah dari Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian yaitu Jumiran, SP., M.Si.

Jumiran mengatakan pentingnya OKKPD dibentuk dan dimaksimalkan perannya dalam upaya menjaga keamanan pangan di daerah. Sebagaimana isi sambutan Gub. Papua yg dibacakan Ka. DKP bahwa Papua akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON XX tahun 2020.

Ketahanan dan keamanan pangan adalah hal strategis menunjang event  tersebut. Penjamuan atlet dan peserta PON yang diperkirakan mencapai 150.000 orang harus dipersiapkan dari sekarang secara serius.

Amanat UU No.18 Tahun 2012 menyebutkan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjamin terwujudnya penyelenggaraan keamanan pangan di setiap rantai pangan. Oleh karena itu sistem pengawasannya harus serius digarap. Kehadiran OKKPD  memiliki peranan penting dalam menjaga keamanan pangan. Beberapa hal bisa saja terjadi jika abai diantaranya penyakit yang dibawa, biaya pengobatan dan produktifitas tanaman.

Di Prov. Papua, OKKPD dibentuk dengan SK Gubernur Papua tanggal 14 Mei 2018 sebagai sebuah UPTD di bawah Dinas Ketahanan Pangan. 

Di usia yang masih sangat muda, OKKPD Papua masih terbatas dalam sisi SDM dan fasilitas pendukung kerja lainnya. Untuk percepatan dalam rangka persiapan PON, pembangunan laboratorium dan pengembangan SDM untuk sertifikasi PPC (Petugas Pengambil Contoh) sedang diupayakan oleh Pemprov Papua.

Sebagai UPT Balitbangtan, BPTP mempunyai peran sebagai salah satu anggota Komisi Teknis OKKPD dan mendukung ketahanan pangan dengan inovasi teknologi pertanian. (Adnan & Ressa)