JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Menginisiasi FGD Pertanian Berbasis Pangan Lokal Kabupaten Merauke

 

(10/10/2018) BPTP BALITBANGTAN Papua menggelar Fokus Group Discussion (FGD) "Pertanian Berbasis Pangan Lokal. FGD yang dilaksanakan di Ruang Rapat Dinas Pertanian Kabupaten Merauke dihadiri oleh Kepala Bidang Tanaman Tanaman Pangan Dinas Tanaman Pangan Merauke (Bapak Daniel),Bank Papua Merauke,Ka BPTP Papua (Dr.Ir.H. Muhammad Thamrin, M.Si),Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ir.Bambang Dwiatmoko,M.Si), Dinas Koperasi dan UMKM, Bappeda, Universitas Musamus danan para tamu undangan dari petugas PPL, mantri tani dan petani ubi jalar serta gembili. Tujuan FGD adalah meningkatkan produktifitas dengan penggunaan varietas unggul, meningkatkan produksi pengolahan ubi jalan sebagai tepung atau bahan olahan,meningkatkan pemanfaatan limbah ubi jalan sebagai pakan ternak. Dalam arahan Kepala BPTP Papua bahwa Kementan sudah 90% meluangkan energi untuk swasembada khususnya komoditas strategis seperti pajale daging,bawang dan cabe namun tidak mengesampingkan pangan lokal dalam berkontribusi dalam asupan non beras seperti gembili ubi jalan pokem.

Papua merupakan basis pangan lokal sehingga kita harus terus menggenjot untuk meningkatkan produksi disamping lonjakan produksi beras yang secara signifikan. Dalam penyampaian materi peneliti BPTP (Dr.Adnan,M.Si) bahwa ubi jalan sebagai salah satu komoditi terluas dan sebagai komoditas pangan utama Papua dan sudah banyak ubi jalar Papua yg didaftarkan sebagai sumber daya genetik lokal. Materi selanjutnya disampaikan oleh Bapak Ir. Bambang Dwiatmoko,M.Si dengan judul materi Pemaparan Potensi Produksi dan Pengolahan Hasil Komoditi Lokal Ubi Jalar dan Gembili. Sedangkan materi Permasalahan Pengembangan Komoditi Lokal oleh Dinas Pertanian.

Dr. Muhammad Thamrin di akhir kegiatan FGD menyampaikan bahwa pendampingan teknologi untuk memperkuat atau mendorong pengembangan komoditas spesifik lokasi pangan lokal Merauke. Keberadaan BPTP mendukung semua pertanian berbasis tanaman lokal. Dari segi aspek teknis seperti perbaikan kedepan untuk pengembangan komoditi gembili dan ubi adalah perlu ada improvisasi dan memanfaatian sumber daya lokal yang ada dan sarana prasarana alat mesin pertanian. Aspek sosial atau culture dan kita pahami bahwa Papua sangat kompleks dan terkait budaya harus di bahas bersama sehingga mamapu memeperoleh kata sepakat. Aspek pemasaran paling kompleks sehingga salah satu strateginya pengambil keputusan pemda untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah dan kepastian harga untuk petani agar petani mau mengembangkan ubi ubian ataupun gembili. BPTP Papua mengajak mari mengangkat petani gembili dan ubi ubian untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya.