JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Penandatanganan Dokumen SDG oleh Bupati Jayapura

(Senin, 1 Oktober 2018)

Sumber daya genetik (SDG) perlu untuk dilindungi, dilestarikan dan dimanfaatkan bagi kepentingan masyarakat banyak. Kerjasama dari banyak pihak mulai dari Pemerintah Daerah, Universitas, dan pemerintah Pusat yang meliputi banyak bidang mulai dari taksonomi, budidaya sampai pascapanen diperlukan mulai dari tahap ekplorasi sampai eksploitasi.

BPTP Papua melakukan perannya untuk bekerjasama dan mendampingi Pemerintah Daerah dalam mendata dan mendaftarkan tanaman lokal. Pemilik hak atas tanaman adalah masyarakat daerah yang diwakili oleh Bupati. Sehingga untuk mendaftarkan tanaman varietas lokal, diperlukan persetujuan Bupati.

BPTP Papua sudah berhasil mendaftarkan beberapa varietas tanaman lokal seperti gembili dan pisang. Untuk kegiatan SDG tahun ini, BPTP Papua kembali mendaftarkan 2 varietas pisang lokal yaitu Aumang dan Ebulu yokholo asal Kabupaten Jayapura.

Dalam rangka menuntaskan dokumen SDG yang akan didaftarkan ke PPVTP (pusat perijinan dan perlindungan varietas tanaman pertanian), penanggung jawab SDG yaitu Mariana Ondikeleuw, S.Sos, M.Si. menyerahkan dokumen varietas pisang lokal tersebut untuk ditandatangi oleh Bupati Jayapura Mathius Awoitauw pada hari Senin tanggal 1 Oktober 2018. Untuk tahun ini dari 5 komoditas yang ditargetkan, Papua mendaftarkan 6 varietas lokal yaitu tanaman anggur papua, ubi kelapa (yara yu), ubi gembili (fam maninggombu), buah lokal khombelu, pisang Aumang dan Ebulu Yokholo asal Sentani Jayapura.

Kerjasama pengembangan SDG ini akan terus dilakukan pada masa yang akan datang. Masih banyak potensi SDG yang belum terdata dengan baik serta terdaftar di PPVTP. (Adnan)