JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Peningkatan Kapasitas Penyuluh Daerah Kabupaten Keerom dan Penyuluh BPTP Papua "Bimbingan Teknis Perbenihan Jeruk Bersertifikat"

 

 

Jaifuri,26/06/2018 Kabupaten Keerom Distrik Skanto dilaksanakan Peningkatan Kapasitas Penyuluh Daerah dan Penyuluh BPTP Balitbangtan Papua dalam bentuk Bimbingan Teknis Perbenihan Jeruk. Adapun peserta dari Bimtek  yaitu penyuluh,peneliti,calon penyuluh, teknisi litkayasa BPTP papua dan penyuluh pertanian lapangan Kabupaten Keerom sebanyak 30 orang berasal dari BPP Arso, BPP Arso Timur, dan BPP Skanto.Acara tersebut dibuka oleh Kepala BPTP Papua dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha (Ir. Muflin Nggobe,M.Si) didampingi oleh Kepala Seksi Kerja sama Pelayanan Pengkajian (Dr.Ir.Niki E.Lewaherilla,M.Si),Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Keerom diwakili oleh Kepala Bidang Penyuluhan ( Dominggus Taime,SP),Ketua KTNA Kab.Keerom serta Fasilitator kegiatan dari BPTP Papua Fransiskus Palobo,S.Sos,M.Si.

Adapun materi bimtek yang disampaikan yaitu mulai dari cara mengambil mata okulasi,teknik okulasi dan syarat syarat tanaman jeruk yang dijadikan mata entris. Ditempat yang berbeda Kepala BPTP Balitbangtan menyampaikan bahwa peningkatan kapasitas penyuluh sangat bermanfaat guna mempercepat akselerasi sumber daya penyuluh sebagai mitra petani dilapangan khususnya tanaman jeruk selaras dengan tujuan dari peningkatan kapasitas ini merupakan implementasi Permentan Nomor 19 Tahun 2017 tentang Tugas Pokok Dan Fungsi BPTP Papua yaitu Menyiapkan Materi Penyuluhan berupa Inovasi Teknologi dan Bimbingan Teknis. Bertujuan untuk : 1) mengakselerasi adopsi dan pemanfaatan hasil -hasil Balitbangtan oleh pengguna;2) Meningkatkan kapasitas penyuluh BPTP Papua dan Daerah khususnya di Kabupaten Keerom dan 3).Mendukung Program Pengembangan Komoditas Hortikultura Jeruk di Kabupaten Keerom.Terlebih dahulu dilakukan Pre Test kemudian Post Test untuk mengevaluasi peningkatan Pengetahuan,Sikap dan Keterampilan Penyuluh Peserta Bimtek. Selanjutnya dilakukan peninjauan lapang perbenihan jeruk Pak Soimam sebagai penangkar jeruk. Bimtek ditutup oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Keerom dengan harapan semoga bimtek ini dapat bermanfaat bagi Rekan Penyuluh sebagai Petugas di garda terdepan yang berhadapan langsung dengan petani. Di tangan merekalah harapan kemajuan pertanian dan petani.

Dengan demikian penyuluh BPTP dapat menjadi  penyuluh yang profesional dalam upaya mentransfer inovasi  teknologi pertanian melalui kegiatan diseminasi spesifik lokasi dan bimbingan teknis materi penyuluhan dan diseminasi mendukung kegiatan penyuluhan pertanian di Provinsi Papua.(Sri Rahayu dan Muhammad Nur)