JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Festival Sagu untuk Memperkuat Kedaulatan Pangan di Papua

 

 

Perayaan Hari Sagu ke  II dan Festival Sagu Papua  dengan Tema Memperkuat Kedaulatan Pangan melalui Festival Sagu Kwadeware dilaksanakan di Kampung Kwadeware Distrik Waibu Kabupaten Jayapura dari Tanggal 20-21 Juni 2018.

Kegiatan hari Sagu dihadiri oleh Pejabat Gubernur Papua Mayjen Purn Soedarmo, Bupati Jayapura (Mathius Awoitauw), Kepala Dinas Lingkup Pertanian Provinsi Papua (Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Peternakan, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Kepala Dinas Kehutanan, Kepala Balitbangda Provinsi Papua, Kepala BPTP Papua,  Kepala-Kepala OPD Pemda Kab Jayapura, Kepala OPD lingkup Pertanian Kota Jayapura, pihak Perbankan, Masyarakat kuliner sagu,  Komunitas pencinta sagu, Tokoh adat, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan, Forum Perempuan Papua, swasta,  LSM (papua jungle cheef, javara), masyarakat kampung adat Ifale, Kwadeware dan pemerhati lingkungan.

Kegiatan hari sagu meliputi beberapa kegiatan yaitu;

  1. Pelepasan tanah ulayat adat hutan sagu oleh Ondofolo Kwadeware (Jhon. Marweri) seluas 15 ha dan Ondofolo Ifale (Suebu) seluas 25 ha kepada pemerintah daerah
  2. Penyampaian hasil FGD Sagu yg telah dilaksanakan tgl 20 Juni dan menghasilkan  5 (lima) butir kesepakatan  FGD sebagai berikut : a) ditetapkannya tanggal 21 Juni sebagai hari sagu Papua dan sagu nasional, b) mendorong dan membantu serta mengapresiasi kelompok masyarakat peduli hutan sagu, c) mendukung dan mendorong riset dan kajian sagu guna ketahanan dan kedaulatan pangan, d) memberikan reward kepada pribadi dan atau kelompok yang berpartisipasi aktif dalam pelestarian  sagu, e) peduli  meningkatkan ekonomi,  kesejahteraan masyarakat melalui diversifikasi pangan lokal berbasis sagu
  3. Penanaman 1 juta pohon  sagu secara simbolik.
  4. Panen 1 pohon sagu unggul.

Arahan Bupati Kabupaten Jayapura bahwa hingga saat ini Perda No 3 Tahun 2000 tentang perlindungan sagu saat ini masih berlaku. Oleh karena itu sagu sebagai stok pangan masyarakat lokal harus dibudidayakan, dilestarikan dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat lokal dan khalayak umumnya. Di wilayah Sentani terdapat kurang lebih 11.700 ha sagu namun yg termanfaatkan dan diusahakan hanya 3000 ha blm termasuk wilayah lain di Kabupaten Jayapura sehingga potensial utk pemenuhan pangan dan gizi yg sehat bahkan peningkatan ekonomi keluarga.

Sedangkan arahan Gubernur Papua bahwa luas hutan sagu di Indonesia bahkan dunia  90% berada di Papua dan  pencanangan penanaman 1 juta tanaman sagu sebagai momentum  Kabupaten Jayapura sebagai role model bagi daerah lainnya di Papua dalam mengembangkan komoditas sagu. Diharapkan pencanangan tidak  hanya  slogan tetapi harus diimplementasikan oleh Pemda Kabupaten Jayapura. Selain itu pula, dialokasikan pelatihan pengolahan aneka pangan berbasis sagu. Dan hutan sagu yang di tata dapat berfungsi sebagai hutan ekowisata sagu dan edukasi serta edukasi bagi masyarakat. Kemudian menjadi langkah maju kesiapan utk tahun depan festival sagu benar-benar dapat diwujud nyatakan dengan dukungan instansi terkait Pemda, Kementan, pariwisata, swasta dan masyarakat adat di wilayah Sentani dan Papua  umumnya secara kontinyu dan berkelanjutan.

 

Kepala BPTP Papua, Kasie KSPP BPTP Papua bersama SKPD Provinsi Papua meramaikan Festival Sagu 

 

Bupati Jayapura memberikan arahan pengembangan sagu di Papua