JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Program Kedelai Papua 2018 (Demplot kedelai di Pegunungan Bintang)

 

Menindaklanjuti arahan Anggota Komisi IV DPR RI, Sulaiman Hamzah tentang pengembangan kedelai di Kabupaten Pegunungan Bintang, Kepala Badan Litbang Pertanian melalui Ka.BBP2TP meminta BPTP Papua mengadakan demplot kedelai di pegunungan Bintang di tahun 2018 ini. Kepala BPTP Papua, Yuliantoro berdiskusi dengan pakar dari Dir. Akabi Ditjen TP (Direktorat Aneka Kacang dan Umbi Ditjen Tanaman Pangan) yaitu Cornelia dan Rachmat.

Sementara itu, Siska Tirajoh sebagai Penanggung Jawab kegiatan menemui Joko Susilo dan Didik Hernowo, pakar kedelai dan UPBS di Balitkabi terkait tentang potensi varietas kedelai adaptif ketinggian 1300 m dpl dan sesuai utk pengembangan industri susu kedelai di Kab Pegunungan Bintang.

Untuk membangun pertanian di daerah Pegunungan Bintang diperlukan sinergi yang kuat di lapangan. Petani Pegunungan Bintang seperti yang disampaikan Sulaiman Hamzah sangat tertarik untuk membudidayakan kedelai. Hasil survey tim BPTP Papua bersama dinas terkait di Kab. Pegunungan Bintang belum ada pertanaman kedelai namun sudah ada industri yang membutuhkan kedelai sebagai bahan baku utamanya. Adanya keinginan kuat petani ini akan menjadi sebuah simultan untuk pengembangan budidaya kedelai di Pegunungan Bintang. Hal ini akan semakin diperkuat dengan adanyab kerja sama yang baik dengan Dinas TPH Prov Papua dan Distan Kab Pegubin juga didampingi Direktorat AKABI Ditjen TP dan Balitkabi. Bukan tidak mungkin Pegunungan Bintang di hari esok sudah berswasembada kedelai memenuhi kebutuhan pasar Papua khususnya bahkan ekspor ke negara tetangga, PNG.

#Kedelai Anjasmoro pengganti era kedelai Wilis
#Bioindustri kedelai di pegunungan Papua
#Agroinovasi Balitbangtan dikibarkan