JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jayapura Unjuk Gigi, Panen dengan Combine Harvester

 

29/01/18, panen padi Varietas Ciherang dan IR 64 di Kampung Karya Bumi,Distrik Namlong,Kab. Jayapura bersama Kadistan Pertanian, Penyuluh BPTP Papua, PT Maxxi Combine, PPL Kampung Karya Bumi dan para kelompok Tani.
Luas panen padi 2 ha potensi hasil 4 ton/ha. Kampung Karya Bumi saat ini masih dilanda cobaan musim tak menentu setiap tahunnya dengan kemarau berkepanjangan dan dukungan saluran irigasi yang selama ini kurang berfungsi selama kurun waktu 3 tahun membuat indeks pertanaman yang dulunya ada IP 200 - 300 turun menjadi 100 akibat kerusakan saluran air Karya Bumi. Akan tetapi kondisi demikian semangat petani untuk menanam padi tak pernah surut, karena walaupun mengharapkan tadah hujan pastinya tetap akan menuai hasil dengan menggunakan berbagai aspek teknis baik pompanisasi, pembuatan embung dan lainnya, serta di dukung inovasi teknologi pertanian dari penyuluh/peneliti dari BPTP Papua. 
Perbaikan saluran air sepanjang 28 meter dan rencananya dimanfaakan kembali akan membuat kejayaan padi (beras) Kampung Karya Bumi, biasanya disebut beras besum dipasaran Jayapura dan sekitarnya. Luas lahan sawah Kampung Karya Bumi 350 ha, apabila ditanami sebanyak 3 kali setahun maka akan memberikan sumbangsih besar terhadap pemenuhan pangan Masyarakat Kabupaten Jayapura.