JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Cetak Sawah Baru, Pendongkrak Luas Panen di Tanah AnimHa

 

 

 

 

Salah satu upaya khusus (UPSUS) yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian dalam mewujudkan swasembada pangan adalah melalui peningkatan luas tanam yang direalisasikan melalui program cetak sawah. Sejak tahun 2015-2017 lahan sawah baru yang dicetak di Merauke telah mencapai 8.115 ha, yang tersebar pada Distrik Tanah Miring, Semangga, Kurik, dan Malind. Program cetak sawah baru telah berkontribusi pada peningkatan luas panen hingga 20%. Hari Sabtu (23/12) bertempat di Kampung Yabamaru, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke dilaksanakan panen padi varietas Inpari 32 HDB pada lahan seluas 3 ha, yang dihadiri oleh staf BPTP Balitbangtan Papua, Mantri Tani, PT. Pupuk Indonesia, Babinsa, Penyuluh, staf pemerintah Kampung  dan petani sekitar Kampung Yabamaru.

Luas lahan baku sawah di Kampung Yabamaru saat ini mencapai 1.500 ha, merupakan terluas di Distrik Tanah Miring, dengan IP 200 (pada 90% lahan baku). Penanaman padi hingga dua kali dalam setahun dimungkinkan dengan memanfaatkan tiga sumber air, yaitu (1) air hujan yang tertampung dalam long storage,  (2) rawa burung, dan (3) air tawar dari Sungai Maro, melalui proses pasang surut. Pemanfaatan ketiga sumber air tersebut berpotensi meningkatkan IP padi, seperti pada lokasi panen yang merupakan penanaman ketiga ditahun 2017. Peningkatan IP ini juga didukung oleh penggunaan traktor roda empat dan mesin panen (combine harvester) yang mampu mempercepat proses penyiapan lahan dan proses panen.

    

Umumnya petani telah menggunakan varietas unggul baru (VUB) padi padi tiap musim tanam, seperti Inpari 32 HDB, Inpari 30 Ciherang Sub 1 dan Inpago 8. Benih varietas tersebut diperoleh dari Balai Benih Utama (BBU) Padi dan petani produsen benih di sekitar kampung. Penggunaan benih bermutu dan VUB mampu meningkatkan produktivitas padi dibandingkan eksisting. Dengan menggunakan pemupukan berimbang dan varietas Inpari 32 HDB, produktifitas padi pada lahan panen bersama di Yabamaru mencapai 6 ton/ha GKP.