JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Menteri Pertanian membuka pelatihan bagi petani milenial Papua dan Papua Barat secara virtual

Jayapura (15/11) Menteri Pertanian membuka pelatihan bagi petani milenial Papua dan Papua Barat secara virtual.

Melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementan melaksanakan pelatihan bagi petani milenial di Papua dan Papua Barat. Kegiatan yang dilaksanakan untuk mendukung ketersediaan pangan ini melibatkan 20 kabupaten/kota di Papua dan 18 kabupaten/kota di Papua Barat, dengan jumlah peserta lebih dari 1.200 orang.

Para Peserta di kabupaten Jayapura mengikuti acara pembukaan Pelatihan Petani Milenial secara virtual dari Aula BLP Sentani. Turut hadir Bupati Jayapura, Kepala BPTP Papua, Kepala Karantina Jayapura, serta Kepala BBPP Batangkaluku.

Dalam sambutan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), mengatakan pelatihan bagi petani milenial di Papua dan Papua Barat mendukung ketersediaan pangan ini luar biasa. Apalagi, Papua didukung memiliki bumi yang subur. 

"Jika kita semua bergerak, maka ketersediaan pangan akan bisa dipenuhi. Namun, kita berharap petani milenial bisa menjadi yang terdepan dalam hal itu. Papua punya bumi yang subur, manfaatkan itu untuk pertanian” ujar SYL

Mentan juga menegaskan bahwa pelatihan ini merupakan ‘connecting’ menjadi anak negeri dan pejuang. Satu bulan melakukan agenda ‘mixing’, dan menunjukkan hasilnya. Semua jajaran harus memperhatikan anak-anak milenial yang kini menjadi anak-anak Kementan untuk membangun pertanian Papua dan Papua Barat. 

Pada kesempatan yg sama Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi, menjelaskan jika pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi (pengetahuan, keterampilan/keahlian, dan sikap) petani milenial. Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode On the Job Training (OJT) atau metode pelatihan yang mengajarkan pengetahuan, keterampilan, kompetensi yang diperlukan oleh penyuluh dan petani langsung di lokasi usaha tani.  Dengan fasilitator yang kompeten di bidangnya, baik dari widyaiswara, dosen, dan praktisi.

Pelatihan Petani Milenial Papua di Kabupaten Jayapura diselenggarakan di Aula BPTP Papua dan BLP Papua dengan narasumber Widyaiswara-Penyuluh dari BPP Batangkaluku, BPTP Papua serta BLP Papua.

Sebagai salah satu narasumber, BPTP Papua melalui penyuluhnya memberikan pelatihan tentang Teknologi Budidaya Sayuran & Hidroponik. Selain diberikan materi diruangan, para peserta diajak praktek langsung di taman agro inovasi BPTP Papua sebagai percontohan dalam berbudidaya sayuran & Hidroponik.