JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

“Temu Teknis Hilirisasi Teknologi dan Inovasi Balitbangtan di Kabupaten Merauke

Bertepatan Hari Pahlawan (10/11), BPTP Papua menyelenggarakan kegiatan Temu Teknis Hiirisasi Teknologi dan Inovasi Balitbangtan di Kabupaten Merauke. Dalam rangka penyebaran teknologi inovasi yang dikembangkan Balitbangtan, kegiatan tersebut mengusung tema “Akselerasi Hilirisasi Inovasi Teknologi Pertanian Papua Mendukung Terwujudnya Pertanian Maju, Mandiri, Modern”. Temu Teknis ini selain bertujuan mensosialisasikan inovasi teknologi balitbangtan sekaligus juga untuk meningkatkan kapasitas petugas penyuluh daerah sebagai mitra BPTP Papua, serta mendapatkan umpan balik dari stakeholder-stakholder terkait. Peserta dihadiri penyuluh daerah se-kabupaten Merauke secara luring dan juga penyuluh-peneliti BPTP Papua yg mengikuti secara daring dari Jayapura.

Hadir secara daring Kepala BPTP Papua (Dr. Martina Sri Lestari), dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Merauke (Ir. Ratna Lauce) serta  perwakilan BMKG stasiun Merauke didampingi koordinator IP2TP BPTP Papua secara luring.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Merauke dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPTP Balitbangtan Papua yang tidak hentinya memberikan inovasi teknologi pertanian di kabupaten Merauke, beliau juga menambahkan bahwa peranan inovasi teknologi sangat penting terutama dalam peningkatan produksi tanaman pangan khususnya padi yg merupakan komoditas andalan kabupaten merauke.

Kepala BPTP Papua menyampaikan bahwa temu teknis ini bertujuan mendiseminasikan inovasi teknologi pertanian Balitbangtan serta dapat bertukar informasi yang bermanfaat bagi pertanian khususnya di kabupaten merauke.

"Harapan dari pelaksanaan kegiatan Temu Teknis yang dilaksanakan ini dapat membekali para penyuluh dengan inovasi teknologi untuk melakukan penyuluhan di tingkat petani sehingga dapat mendorong peningkatan produktivitas pertanian khusunya padi sehingga mewujudkan pertanian yg maju mandiri dan modern" ujar Martina.

Menghadirkan narasumber yang sangat kompeten dan berpengalaman. Narasumber pada sesi pertama dari BMKG Stasiun Merauke (Asih Arum Bestari) menyampaikan materi tentang Antisipasi La Nina dalam menghadai musim Tanam 2022. Kemudian dilanjutkan narasumber dari peneliti Balai Besar Padi (BB Padi) secara virtual tentang pemupukan berimbang pada tanaman padi (Gagad Restu Pratiwi, SP. MP) dan Pengendalian OPT padi (Dr. Bambang Nuryanto)

Pada sesi II, penyampaian materi masih melalui virtual dari peneliti BPTP Papua (Heppy Suci Wulanningtyas, M.Agr) tentang pemupukan padi berbasis eco-enzim kemudian narasumber terakhir dari penyuluh BBP2TP (Ir. Sad Hutomo Pribadi, M.Si) menyampaikan materi tentang penyusunan dupak dan kompetensi teknis penyuluh berbasis IT.

Selama pemaparan materi dari narasumber, peserta bimtek terlihat antusias menyimak slide demi slide yang ditampilkan, terlihat dari feedback peserta yang melontarkan beberapa pertanyaan seputar materi maupun masalah yang sering mereka jumpai di lapangan.